Penandatanganan Memorandum of Agreement dengan College of Business Education Northwestern University Philippines

Penandatanganan Memorandum of Agreement dengan College of Business Education Northwestern University Philippines

UPI Y.A.I Perluas Kerjasama Internasional: Penandatanganan Memorandum of Agreement dengan College of Business Education Northwestern University Philippines


Pada tanggal 10 Juni 2024, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia Y.A.I (UPI Y.A.I) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan College of Business Education Northwestern University Philippines (NWU). Acara ini berlangsung di kampus UPI Y.A.I dan dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor UPI Y.A.I, perwakilan dosen Northwestern University Philippines, Dekan-dekan Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik UPI Y.A.I, serta perwakilan mahasiswa dari kedua institusi.

MoA ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan akademik dan profesional bagi mahasiswa dan dosen, serta mendorong pertukaran pengetahuan dan inovasi antara kedua institusi.

Setelah penandatanganan MoA, UPI Y.A.I dan NWU Philippines mengadakan serangkaian kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa dari kedua institusi. Kuliah umum ini berlangsung dari tanggal 10 Juni 2024 hingga 12 Juni 2024, dengan pembicara dari dosen UPI Y.A.I dan NWU Philippines.

Pada tanggal 10 Juni 2024, kuliah umum yang diadakan mencakup "Lecture on Social Entrepreneurship" oleh Dr. Eric S. Parilla dari NWU Philippines dan "Business Analytics Program" oleh Dr. Ir. Wilhelmus Hary Susilo, MM dari UPI Y.A.I. Pada tanggal 11 Juni 2024, kuliah umum meliputi "Lecture on Managing Marketing Changes in The Digital Era" oleh Dr. Eric S. Parilla dan "Digital Marketing" oleh Woro Harkandi, S.Sos., M.IKOM dari Fakultas Ilmu Komunikasi UPI Y.A.I. Pada hari terakhir, 12 Juni 2024, diadakan kuliah umum "Socio Entrepreneurship" oleh Ir. ST. Trikariastoto, M.T dari Teknik UPI Y.A.I.

Dalam wawancara dengan Humas UPI Y.A.I, Dr. Eric S. Parilla selaku perwakilan Dosen dari Northwestern University Philippines menekankan pentingnya kerjasama internasional dalam pendidikan global saat ini. "Kolaborasi antara kedua universitas telah membuka banyak peluang bagi kedua belah pihak. Bagi Northwestern University Philippines, ini adalah kolaborasi internasional ketujuh kami. Semakin banyak kolaborasi yang kita miliki, semakin luas jaringan yang bisa dimanfaatkan oleh para dosen hingga mahasiswa. Tentunya hal ini akan membuka peluang bagi mobilitas para dosen dan mahasiswa, serta memperkaya kurikulum kami karena kita bisa saling belajar dari praktik terbaik satu sama lain."

Selain itu, Dr Erick juga mengatakan bahwa Kolaborasi ini bukan hanya tentang hal akademik, tapi juga tentang bagaimana mereka bisa merasakan keindahan dan budaya lokal. “Di sini, kami bisa mendalami budaya Indonesia, sehingga pengalaman ini akan sangat berharga. Bagi para mahasiswa, mereka akan lebih mudah berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar. Tanpa kolaborasi ini, akan sangat sulit bagi Northwestern University Philippines untuk datang dan mengunjungi Indonesia," jelasnya.

Mark Joshua Castillo Silva, perwakilan mahasiswa dari Northwestern University Philippines, juga menyatakan antusiasmenya terhadap kerjasama ini. "Kami telah belajar banyak dari para mahasiswa di sini yang dengan ramah berbagi pengalaman mereka di universitas ini serta mengajari kami dasar-dasar bahasa Indonesia. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi kami."

Mark juga menyampaikan manfaat yang ia rasakan dari adanya kolaborasi ini, "Ada tiga kelas utama dalam program ini. Pertama adalah kelas tentang kewirausahaan, di mana saya mendapatkan banyak ide dan pengetahuan tentang bagaimana mengelola usaha dari kecil hingga besar sebagai seorang wirausaha. Di kelas pemasaran digital, mereka mengajarkan kami cara menggunakan platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan lainnya. Yang terakhir ada Socio Entrepreneurship, tentunya kelas ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa yang berwirausaha. Dari semua kuliah umum yang diberikan sangat bermanfaat untuk saya " Ujarnya

Acara ditutup dengan pertemuan delegasi dari NWU Philippines dengan Rektor UPI Y.A.I untuk mendiskusikan ulasan dan umpan balik dari kedua institusi. Sebagai penutup, Rektor UPI Y.A.I memberikan souvenir kepada delegasi NWU sebagai tanda penghargaan dan kenang-kenangan.


Humas Universitas Persada Indonesia Y.A.I 

Jl. Diponegoro No. 74 Jakarta Pusat 10430, Indonesia

+62 822-5888-1972

Email: humas@upi-yai.ac.id


Share:

Tags: Memorandum,Agreement