Magister Ilmu Komunikasi

MAGISTER ILMU KOMUNIKASI


VISI

Terwujudnya lulusan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi yang berkualitas dan kompetitif, serta menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dan kompetensi dalam bidang Komunikasi Bisnis / Publc Relations dan dalam bidang Komunikasi Politik / Jurnalisrik  baik di tingkat nasional maupun global.


MISI

1. Terselenggaranya proses pembelajaran Program studi Magister Ilmu Komunikasi yang berkualitas dengan menerapkan penjaminan mutu pada setiap proses pengajaran sehingga menghasilkan lulusan Magister Ilmu Komunikasi yang memiliki kompetensi tinggi, memiliki integritas baik dan mampu berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

2. Berkembangnya penelitian dalam bidang komunikasi bisnis dan komunikasi politik melalui pendekatan multi perpektif yang bermanfaat bagi perkembangan pengetahuan dan kehidupan masyarakat.

3. Terselenggaranya pengabdian pada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu komunikasi sesuai kebutuhan.

4. Memiliki kompetensi dalam perencanakan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan komunikasi dalam upaya memecahkan permasalahan masyarakat.


KOMPETENSI LULUSAN

1. Praktisi bidang Corporate PR, Business Communication, Political Communication dan Digital Media yang mampu merencanakan, mengelola dan mengantisipasi perubahan yang terjadi di masyarakat serta memberikan saran untuk memecahkan masalah komunikasi yang dihadapi berkaitan perubahan tersebut.

2. Peneliti yang mampu memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dan inovasi antar atau multidisiplin yang bermanfaat bagi masyarakat.

3. Dosen/Akademisi yang memahami filosofi, teori dan praktik komunikasi maupun teknologi informasi.

4. Konsultan yang mampu menangani kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berinegritas serta mampu bekerjasama multidisiplin untuk kepentingan Masyarakat


PELUANG KERJA LULUSAN

1.     Dosen

2.     Manager PR

3.     Peneliti

4.     Konsultan Corporate PR, Business Communication, Political Communication dan Digital
        Media

5.     Praktisi dalam bidang Konsultan Corporate PR, Business Communication, Political
        Communication dan Digital Media


PEMINATAN/KONSENTRASI

1.     Komunikasi Bisnis (Business Communication)

2.     Komunikasi Politik (Political Communication)

3.     PR Perusahaan (Corporate Public Relations)

4.     Kajian Media Digital (Digital Media Studies)


DOSEN PENGAJAR


1.      Prof Anwar Arifin

2.      Dr. Ilona VO Situmeang

3.      Dr. Syarifuddin Gassing

4.      Dr. Siti Komsiah

5.      Dr. Susi Yunarti

6.      Dr. Lidya Djuhardi



KURIKULUM

Program Studi Magister Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI terdiri atas 54 Satuan Kredit Semester (SKS) dibagi menjadi tiga bagian: Mata Kuliah Matrikulasi, Mata Kuliah Inti, dan Tesis. Berikut rincian masing-masing komponen:

1 Kelompok Mata Kuliah Matrikulasi, beban : 0 (nol) SKS. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UPI YAI memberikan 3 mata kuliah pengantar untuk mahasiswa baru yang tidak memiliki latar belakang ilmu komunikasi.
2. Kelompok Mata Kuliah Inti, beban : 38 (tiga puluh delapan) SKS Kelompok mata kuliah ini mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menganalisis berbagai fenomena yang berkaitan dengan perubahan sosial Budaya yang terjadi pada organisasi dan  masyarakat serta membuat rancangan untuk mengurangi dampak  perubahan  yang terjadi.
3. Seminar Proposal Tesis ,publikasi, presentasi pada pertemuan ilmiah & Tesis, beban : 16 (enam belas) SKS.  Program  Magister Ilmu Komunikasi UPI YAI  diakhiri dengan setiap mahasiswa menghasilkan tesis yang secara substansial menjadi  bagian penting untuk menunjukkan kompetensi keilmuan  dalam  bentuk  penelitian.


Kurikulum Mata Kuliah Berdasarkan Konsentrasi :

1. Komunikasi Bisnis

2. Komunikasi Politik

3. Corporate Public Relations

4. Digital Media Studies


Share:

Tags: Magister,Ilmu,Komunikasi