Tips Mengerjakan Soal Pilihan Ganda dan Esai Agar Sukses Dalam Ujian Akhir

Tips Mengerjakan Soal Pilihan Ganda dan  Esai Agar Sukses Dalam Ujian Akhir

Halo Y.A.I friends

Sebentar lagi kalian akan mengahadapi ujian akhir nih. Nah artikel di bawah ini bisa membantu kalian dalam memecahkah soal-soal. Tipe soal ujian yang paling dikenal pada umumnya ada 2 yaitu: soal pilihan berganda dan soal esai. setiap tipe soal punya ciri khas serta kelemahan dan kelebihannya masing masing. Artikel ini akan membahas tentang soal pilihan ganda dan esai. Dimana soal pilihan ganda merupakan soal yang menuntut ketelitian kita dalam membaca dan mengerti soal, sedangkan soal esai, merupakan soal uraian yang pastinya lebih kompleks dibanding soal pilihan berganda.

Jadi, sebenarnya gimana sih cara menjawab soal soal esai dan pilihan ganda dengan baik dan benar?, agar hasil ujian yang kamu dapat lebih maksimal, yuk simak tips ampuh menjawab soal esai dan pilihan ganda di bawah ini.

I. Soal Pilihan Ganda

Ujian pilhan ganda saat ini sangat populer di kalangan pendidik. Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan berpikir kritis dan memecahkan soal dalam waktu singkat. Artikel ini bertujuan agar para Y.A.I Friends dapat memecahkan soal pihan ganda sehingga bisa mendapatkan nilai yang bagus. Beberapa cara antara lain adalah dengan menganalisa pertanyaan, jawab pertanyaan secara efektif dengan mengerjakan secara strategis. Jangan lupa kalian juga harus mempersiapkan diri sehingga kalian dapat melakukan ujian dengan baik dan bisa mendapatkan nilai yang tinggi. Berikut beberapa cara agar kalian sukses dalam mengerjakan soal dalam bentuk pilihan ganda:

A. Analisa pertanyaan

B. Jawab pertanyaan dengan efektif

C. Persiapkan diri untuk ujian


A. Analisa Pertanyaan

Baca dan ikuti instruksi dari soal. Ada dua macam cara untuk melakukan jawaban. Pertama menjawab langsung pertanyaan, dan yang kedua adalah menjawab pada lembar terpisah. Baca pertanyaan perlahan dan teliti, bila perlu baca pertanyaan lebih dari satu kali untuk memastikann kalian mengerti maksud dari pertanyaan tersebut. Kalian harus menganalisis pertanyaan dengan kata-kata dan instruksi yang menanyakan beberapa jawaban, seperti “Pilih jawaban yang paling tepat” atau “Pilih dua dari empat pilihan.” Baca soal dengan perlahan dan teliti, jangan terburu-buru. Kalian juga perlu untuk membaca ulang dari pertanyaan untuk memastikan kalian mengerti dari maksud pertanyaan tersebut. Pada kalimat pertanyaan yang berisi “pilihlah jawaban yang tidak termasuk…” maka artınya “pilihlah jawaban yang paling tepat.

B. Jawab Pertanyaan dengan Efektif

Review, lihat lagi kemungkinan jawaban. Lihat pilihan yang diberikan, untuk pilihan ganda biasanya ada empat sampai enam kemungkinan. Untuk beberapa kemungkinan, kalian hanya diberikan dua pilihan. Take your time, dan baca kembali setiap kemungkinan jawaban. Jangan melewati setiap jawaban yang mungkin. Ini untuk memastikan kalian menjawab dengan benar dari setiap pertanyaan. Beri tanda pada jawaban yang mungkin tidak benar. Bila kamu mengalami kesulitan pada satu pertanyaan, coba kerjakan dengan pelan dan jika tidak bisa juga, kamu kembali lagi ke pertanyaan itu sesudah melengkapi pertanyaan-pertanyaan lain. Jika kamu tidak bisa mengerjakan, jangan kosongkan, coba jawab saja!

C. Persiapkan Diri

Sering-sering mengerjakan latihan soal pilihan ganda, banyak belajar dan membaca dengan baik. Karena pilihan ganda membutuhkan pengetahuan yang luas. Jangan lupa beristirahat dan tidur dengan cukup. Karena jika kamu belajar berlebihan, hal ini akan membuat kamu lelah pada saat ujian dan tidak fokus dalam menjawab pertanyaan.



II. Soal Esai

Soal essai merupakan soal uraian yang lebih kompleks dibandingkan dengan soal pilihan ganda. Dalam menjawab soal esai kalian harus fokus dengan pertanyaan yang diminta dan menjawab dengan singkat dan padat serta sistematis. Jangan melebar dan tidak nyambung dengan pertanyaan yang diminta. Nah artikel ini akan membahas bagaima agar kalian dapat menjawab soal esai dengan baik dan benar. Ada beberapa tips di bawah ini yang bisa kalian ikuti, antara lain adalah:

A. Perhatikan dan Gunakan Kata Kunci

B. Tulis jawaban dengan kalimat versi sendiri

C. Tulis jawaban secara padat dan sistematis

D. Jangan kosongkan Jawaban

E. Manajemen waktu


A. Perhatikan Dan Gunakan Kata Kunci

Perhatikan soal yang diberikan oleh dosen, jika kalian sudah menemukan kata kuncinya, saat menjawab soal maka kata kunci tersebut kalian garis bawahi. Hal ini untuk memudahkan dosen untuk membaca jawaban kalian, apakah jawaban berhubungan dengan soalnya yang diberikan atau tidak. Apakah jawaban kalian fokus dengan pertanyaan-nya, dan juga untuk melihat apakah kalian menjawab secara konsisten atau tidak dan mengerti yang dimaksud dari pertanyaan soal tersebut. Karena jika kalian tidak menemukan kata kunci dari soal yang diberikan oleh dosen, maka jawaban kalian akan melebar dan tidak fokus dengan apa yang diminta oleh soal tersebut. Nah ini mengakibatkan jawaban kalian salah dan kalian hanya mendapat nilai menulis saja.

B. Tulis Jawaban Dengan Kalimat Versi Sendiri

Usahakan menulis jawaban dengan menggunakan kalimat kalian sendiri karena hal ini dapat menjadi nilai tambah pada diri kalian. Artinya dosen menilai bahwa kalian paham dengan teori dari buku yang kalian pelajari, tidak hanya menghafal mati isi dari buku. Dan kelebihan lainnya adalah bahwa jawaban itu memakai bahasa original hasil pemikiran kalian. Terlebih jika pertanyaan-nya terdapat kata-kata yang meminta pendapat kalian. Namun untuk beberapa soal jika pertanyaannya adalah mengenai teori dari seorang ahli, maka mau tak mau kalian harus menjawab sesuai dengan teori-nya. Seperti definisi dari teori tertentu, membanding suatu teori dengan teori lainnya. Nah untuk kasus seperti ini kalian harus menghafal serta menguraikan sesuai dari para ahli tersebut.

C. Tulis Jawaban Secara Padat Dan Sistematis

Usahakan dan biasakan menulis jawaban fokus dengan pertanyaan yang diberikan. Tulislah jawaban secara berurutan, sistematis, dan tidak acak-acakan, misalkan dengan menggunakan sub poin. Hal seperti ini memudahkan dosen untuk memeriksa jawaban kamu dan juga enak untuk dibaca. Jangan menulis jawaban melebar dari pertanyaan yang diberikan, selain hasil jawaban kamu tidak nyambung dan membuat waktu kalian habis.

D. Jangan Kosongkan Jawaban

Usahakan jangan mengosongkan jawaban walaupun kalian tidak tahu. Jika kalian mengosongkan jawaban, makan kalian akan kehilangan poin yang sangat berpengaruh dari nilai keselurahan. Coba gunakan logika kalian, kembangkan jawaban kalian namun sebisa mungkin tetap menyambung dengan benang merah dari pertanyaan soalnya. Paling tidak dosen bisa menilai bahwa kalian menggunakan logika kalian, dan tidak asal jawab.

E. Manajemen Waktu

Dalam ujian kalian memiliki keterbatasan waktu, oleh sebab itu kalian harus membagi waktu dengan baik. Mulailah dengan menjawab dari soal yang mudah dan kalian kuasai terlebih dahulu. Setelah itu kalian bisa mengerjakan soal yang rumit dan membutuhkan pemikiran lebih dalam. Utamakan dengan soalnya dengan pertanyaan ‘sebutkan’ dibandingkan pertanyaan yang meminta penjelasan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, tulislah jawaban secara padat, sistematis dan ter-organisir, sehingga kalian dapat mempersingkat waktu. Karena jawaban yang terlalu melebar menyebabkan dosen lelah mebacanya dan kalian juga kehilangan banyak waktu.

 

Demikianlah beberapa tips dalam mengerjakan soal-soal baik dalam bentuk pilhan ganda maupun soal dalam bentuk esai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Y.A.I friends. Gunakan waktu kalian dengan baik, belajar dan jangan lupa istirahat.

Peluk hangat dan salam sehat.

 

Share:

Tags: Tips Ujian,Tips Ujian Akhir Semester,Ujian Essay,Ujian UPI,Ujian UPI YAI