Webinar Fakultas Ekonomi Bisnis UPI Y.A.I dengan judul “ Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Laporan keuangan dan Praktek Bisnis

Webinar Fakultas Ekonomi Bisnis UPI Y.A.I dengan judul “ Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Laporan keuangan dan Praktek Bisnis

Y.A.I Friends!


Webinar Fakultas Ekonomi Bisnis UPI Y.A.I dengan judul “ Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Laporan keuangan dan Praktek Bisnis di Indonesia “ dilandasi oleh  IAI mengeluarkan  pedoman yang bisa dijadikan rujukan oleh entitas bisnis, dalam menyusun laporan keuangan ditengah masa pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pedoman ini dikeluarkan untuk memastikan bahwa entitas dapat menjaga konsistensi penerapan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Setidaknya ada beberapa penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang harus diperhatikan, di masa pendemik. Pertama, penerapan PSAK 8 mengenai Peristiwa Setelah Periode Pelaporan.


Kegiatan ini dilaksanakan oleh Prodi Akuntansi FEB UPI YAI pada tgl 29 Juni 2020 dengan peserta  diantaranya ada dari akademisi, praktisi dibidang Akuntansi, Dosen dan Mahasiswa. Webinar ini menggunakan aplikasi zoom  dengan jumlah peserta sebanyak 149 orang.


Dalam penyelenggaraan Webinar ini FEB UPI Y.A.I mengundang narasumber untuk memberikan pemaparan bagaimana menghadapi dampak pandemi covit ini terhadap praktek Bisnis di Indonesia.


Webinar ini dimulai terlebih dahulu dibuka oleh Dekan FEB UPI Y.A.I Dr. Marhalinda, SE,MM yang memberikan beberapa pandangan tentang pandemi Covid-19 sebagai berikut : Pendapatan perusahaan menurun dibandingkan dengan pengeluaran masyarakat. Beberapa perusahaan mungkin memutuskan untuk mengurangi jumlah tenaga kerja untuk menyeimbangkan aktivitas yang menurun, Dampak perubahan kurs, bagaimana perlakuan akuntansi terhadap cadangan yang menumpuk.


Ibu Dr. Nuzululhidayati, SE,MM,Ak,CA sebagai pembicara menjelaskan dampak dari pandemi Covid 19 ini sangat  significant sekali terhadap laporan keuangan 2020 terutama dalam beberapa aspek berikut: Pendapatan perusahaan akan menurun akibat daya beli yang rendah, Pengukuran persediaan mempengaryhi rantai pasokan terutama perusahaan yang mendapatkan bahan baku dari Cina, Pengukuran imbalan kerja PSAK 24 karena banyaknya yang di PHK, Dampak perubahan kurs pada laporan keuangan, Pengukuran cadangan piutang (ECL), Laba mungkin menurun  berkaitan dengan bonus.


Kita juga tetap menghimbau kepada Y.A.I Friends dan keluarga untuk #dirumahaja selama masa PSBB transisi. Selalu jaga kesehatan, dan patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Tetap batasi aktivitas keluar rumah hanya untuk kepentingan esensial. Mari saling jaga dan saling mengingatkan.⁣⁣

Share:

Tags: upiyai,upi,yai,aa,stie,yaicampus