Webinar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPI Y.A.I “Mengenal Lebih Jauh Index Scopus”

Webinar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPI Y.A.I “Mengenal Lebih Jauh Index Scopus”

Y.A.I Friends!


Tema seksi dikalangan peneliti dan dosen yang diangkat pada Webinar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPI Y.A.I kali ini adalah “Mengenal Lebih Jauh Index Scopus”. Dasar pemikirannya adalah bagi para peneliti dan dosen yang akan mempubilkasikan sitasinya dapat mengukur dan menentukan dimana akan menerbitkan jurnal atau artikel ilmiahnya.


Webinar yang selenggarakan melalui Zoom Meeting oleh unit LPPM FEB UPI Y.A.I  pada tanggal 27 Juni 2020 dengan peserta dari kalangan dosen dan peneliti beberapa Perguruan Tinggi serta mahasiswa tahap akhir program S1,S2 dan S3  sebanyak 111 orang.


Problematika umum bagi para penulis jurnal ilmiah adalah kesulitan dalam publikasi pada jurnal yang memiliki reputasi baik secara nasional maupun internasional. Salah satu system penilaian untuk mengukur apakah jurnal kita memeiliki dampak yang signifikan atau tidak disediakan oleh Scopus. Sistem penilaian yang biasa digunakan adalah Scimago Journal Rank (SJR) . SJR inilah yang dapat menilai sejauhmana jurnal ilmiah tersebut memiliki dampak scientific atau tingkat pengaruh bersadarkan hubungan sitasi oleh jurnal ilmiah lain pada periode tertentu (biasanya dua tahun).


Webinar ini dibuka oleh Dekan FEB UPI YAI Dr. Marhalinda, SE, MM dengan mengajak para peserta untuk memanfaatkan betapa pentingnya publikasi ilmiah bagi dosen Perguruan Tinggi sebagai bukti kinerja Tri Dharma yang dilakukannya setiap semester di Perguruan Tingginya.


Pemaparan oleh pembicara tunggal Prof. Dr. Nandan Limakrisna, Ir, MM yang mengupas tuntas bagaimana mengenal Index Scopus, pentingnya Sistem Penilaian jurnal ilmiah, memahami beberapa komponen keberhasilan publikasi terindex scopus, kiat-kiat publikasi pada jurnal berindeks scopus dan cara pengecekan keunikan dan plagiat tulisan ilmiah sebelum dipublikasi pada jurnal bereputasi internasional. Disamping itu peserta langsung diperlihatkan cara-cara menelusuri jurnal ilmiah yang terindeks scopus atau tidak, nomor indeks scopus author dan pencarian jurnal predator.


Pada sesi tanya jawab yang dipadu oleh moderator Dra. Nurwahyuni, MM, banyak peserta yang antusias bertanya seputar bagaimana agar jurnal ilmiah dapat dipublikasikan pada jurnal internasional yang terindeks scopus. Kegiatan Webinar yang zoom meetingnya difasilitasi oleh UPI YAI ini ditutup dengan pemberian e-sertifikat secara simbolis oleh Wakil Dekan I Dr. Ir. Yuli Zain, MM kepada Pembicara dan salah satu peserta serta foto bersama.


Kita juga tetap menghimbau kepada Y.A.I Friends dan keluarga untuk #dirumahaja selama masa PSBB transisi. Selalu jaga kesehatan, dan patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Tetap batasi aktivitas keluar rumah hanya untuk kepentingan esensial. Mari saling jaga dan saling mengingatkan.⁣⁣

Share:

Tags: upiyai,upi,yai,aa,stie,yaicampus