1. Sistem Informasi (S-1)
Sistem Informasi merupakan studi mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan menyebarkan informasi. Mahasiswa dalam program studi ini akan mempelajari perancangan, implementasi, dan manajemen sistem informasi yang efisien dan efektif untuk mendukung proses bisnis dan pengambilan keputusan.
a. |
Visi |
|
Menjadi program studi sistem Informasi unggulan pada tahun 2028, yang menghasilkan lulusan yang bermutu, kompeten, berwawasan global, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, disain, reengineering, dan mempunyai jiwa kewirausahaan berbasis digital (digital Entrepreneurship) di bidang sistem Informasi. |
|
1) |
Menyelenggarakan pendidikan yang bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki: perspektif yang luas mengenai bisnis, kemampuan berfikir analitis dan kritis untuk memberikan solusi terhadap permasalahan organisasi, kemampuan disain, kerekayasaan dan implementasi teknologi / sistem informasi guna meningkatkan efektifitas organisasi dan kemampuan softskill moral, leadership dan technopreneurship. |
|
2) |
Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian serta melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai pengembangan keilmuan yang dapat mendatangkan manfaat dan kesejahteraan masyarakat luas. |
|
3) |
Meningkatkan kepekaan sosial terhadap kondisi lingkungan masyarakat sekitarnya terutama terhadap perubahan perkembangan teknologi / sistem informasi yang sangat cepat. |
|
4) |
Mengembangkan keilmuan sistem informasi dengan membina hubungan yang
berkesinambungan dengan alumni, pengguna lulusan, dan masyarakat umum. |
|
5) |
Menciptakan suasana akademik (academic atmosphere) yang kondusif bagi civitas
akademika, dan memberikan wawasan kewirausahaan agar dapat menghasilkan
lulusan yang mandiri. |
|
1) |
Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dalam mengelola Sistem
Informasi yang berskala enterprise dalam organisasi bisnis maupun industri dan
dapat menciptakan keunggulan kompetitif dalam dunia usaha atau bisnis, serta
memiliki jiwa technopreneur.
|
|
2) |
Menghasilkan produk penelitian yang berkualitas tinggi yang dapat digunakan
sebagai acuan bagi para peneliti serta dapat bermanfaat bagi masyarakat luas
maupun dunia industri. |
|
3) |
Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai bentuk tanggung
jawab sebagai institusi pendidikan dalam menyebarluaskan perkembangan
teknologi kepada masyarakat.
|
d. |
Profil Lulusan Sistem Informasi |
|
1) |
Pengembangan Perangkat Lunak
|
|
|
Lulusan ini berperan dalam merancang, mendesain, mengkonfigurasi dan membuat
perangkat lunak maupun aplikasi yang dioperasikan dalam lingkungan komputer,
piranti digital, maupun jaringan, berbasis pada web atau mobile, dengan
menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang akan digunakan untuk
perorangan atau organisasi. Contoh profesi dari profil ini antara lain : Programmer,
Web Developer, Software Engineering, Business Analyst. |
|
2) |
Pengelola Data dan Saintis Data
|
|
|
Lulusan ini berperan dalam merancang, membangun, dan mengimplementasikan
sistem basis data / informasi berbasis terstruktur, relasional, objek, ataupun tidak
terstruktur. Lulusan ini juga berperan dalam merencanakan data, merancang data,
dan membangun desain data dengan mempertimbangkan keselarasan IT/IS dan
bisnis/organisasi. Contoh profesi dari profil ini antara lain : Database
Administrator,Data Scientist, Business Intelligence Analysis. |
|
3) |
Pengembang Sistem Informasi
|
|
|
Lulusan ini berperan dalam merencanakan, merancang, membangun, mengujicoba,
menerapkan, mengembangkan, menilai, dan mengendalikan sistem informasi.
Lulusan ini juga berperan dalam mengoperasikan, pengelolaan, evaluasi, serta
pengembangan lanjut sistem Informasi untuk pengembangan organisasi/bisnis.
Contoh profesi dari profil ini antara lain : System Analyst, IT Planning Analyst,
IS/IT Project Manager. |
|
4) |
Pengelola Sistem Informasi
|
|
|
Lulusan ini berperan dalam merencanakan, merancang, mengadakan, membangun,
menerapkan, menjalankan, dan mengendalikan tata kelola sistem dan teknologi
informasi dalam suatu organisasi. Lulusan ini juga berperan dalam menerapkan
konsep dasar dalam mengevaluasi dan mendesain tata kelola sistem informasi
sesuai dengan pedoman tata kelola IT/IS dalam rangka menyelarasan IT dan
bisnis/organisasi. Contoh profesi dari profil ini antara lain : Auditor IT/IS,
Government Information Officer. |
|
5) |
Digital Technopreneur
|
|
|
Lulusan ini berperan sebagai wiraswasta yang mampu merancang dan
mengembangkan bisnis berbasis inovasi dengan pemanfaatan IT sebagai solusi
dalam penyelesaian masalah di masyarakat. |
2. Teknik Industri (S-1)
Teknik Industri berfokus pada perancangan, analisis, dan perbaikan sistem yang kompleks
untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam industri. Mahasiswa akan
mempelajari metode rekayasa untuk merancang sistem yang melibatkan manusia, mesin,
dan material dengan tujuan mengoptimalkan proses produksi dan layanan.
a. |
Visi |
|
Menjadi program studi Teknik Industri unggulan pada tahun 2028 yang mampu
menyediakan lulusan yang profesional dan mandiri, menguasai kemampuan analisis
teknik dan manajemen sistem yang bertanggung jawab serta mempunyai kepekaan
secara sosial dan profesional, serta memiliki jiwa kewirausahaan berbasis digital
(digital entrepreneurship).
|
|
1) |
Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam rekayasa sistem usaha
terintegrasi, mampu beradaptasi di dunia industri, memiliki sikap kewirausahaan
yang tinggi serta mampu mengembangkan keilmuannya. proses pendidikan yang
dilakukan adalah melaui pendekatan berbasis problem dan berbasis kasus. |
|
2) |
Menghasilkan penelitian yang membangun pengetahuan dosen dan mahasiswa
serta untuk pengembangan kurikulum yang terkait dengan fungsi pendidikan
Teknik Industri. |
|
3) |
Melakukan pengabdian masyarakat yang dapat memberikan nilai tambah terhadap
capaian pembangunan dan dunia industri, serta memperkaya dan menambah
kepekaan civitas akademika terhadap permasalahan kemasyarakatan yang
sesungguhnya. |
|
Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Teknik Industri baik di
level operasional maupun manajerial di dalam organisasi industri manufaktur dan jasa
serta pemerintah. Mampu bekerja dalam tim serta mengembangkan pengetahuan dan
keterampilan diri secara terus menerus. |
d. |
Profil Lulusan Teknik Industri |
|
Profil lulusan Teknik Industri Universitas Persada Indonesia YAI dijabarkan dalam dua profil lulusan yaitu : |
|
1) |
Lulusan memiliki kompetensi di bidang Teknik Industri baik di level operasional maupun manajerial di dalam organisasi industri manufaktur dan jasa serta pemerintah. |
|
|
a. |
Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekaysa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi. |
|
|
b. |
Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan
pendekatan sistem. |
|
|
c. |
Menguasai pengetahuan tentang komunikasi teknik (engineering
communication) dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini. |
|
|
d. |
Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara
umum. |
|
|
e. |
Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering
principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem
terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi). |
|
|
f. |
Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah
rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik,
komputasional atau eksperimental. |
|
|
g. |
Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem
terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan
keselamatan publik, kultural, social dan lingkungan (environmental
consideration). |
|
|
h. |
Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan
kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja
dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan
faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kultural. |
|
|
i. |
Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem
terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan
melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk
memberikan solusi. |
|
|
j. |
Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan
analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk
melakukan aktivitas rekayasa. |
|
|
k. |
Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etika keprofesian. |
|
2) |
Lulusan yang memiliki kemampuan bekerja dalam tim serta mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan diri secara terus-menerus. |
|
|
a. |
Mampu melakukan komunikasi secara tertulis maupun lisan yang efektif. |
|
|
b. |
Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja. |
|
|
c. |
Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup. |
3. Informatika (S-1)
Informatika adalah studi mengenai penggunaan komputer untuk mengumpulkan,
menyimpan, memproses, dan menganalisis informasi. Program studi ini mencakup
pemrograman, basis data, kecerdasan buatan, analisis data, keamanan siber, dan topik lain
yang terkait dengan teknologi informasi.
a. |
Visi |
|
Menjadi program studi unggulan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
pada tahun 2028 yang mampu menghasilkan lulusan yang bermutu, kompeten,
kompetitif, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan
kebutuhan masyarakat serta memiliki jiwa kewirausahaan berbasis digital (digital
entrepreneurship). |
|
1) |
Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi dalam kegiatan pendidikan dan
pengajaran ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dengan selalu mengikuti
perkembangan terkini. |
|
2) |
Melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dalam kegiatan penelitian untuk
membangun pengetahuan (knowledge development) dosen dan mahasiswa serta
untuk mengembangkan kurikulum yang terkait dengan fungsi pendidikan. |
|
3) |
Melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dalam kegiatan pengabdian masyarakat
untuk dapat memberikan nilai tambah terhadap capaian pembangunan dan dunia
industri, serta memperkaya dan menambah kepekaan civitas akademika terhadap
permasalahan kemasyarakatan yang sesungguhnya. |
|
4) |
Mengembangkan keilmuan Informatika, dengan membina hubungan yang
berkesinambungan dengan alumni, pengguna lulusan dan masyarakat umum. |
|
5) |
Menciptakan suasana akademik (academic atmosphere) yang kondusif bagi civitas
akademika, dan memberikan wawasan kewirausahaan agar dapat menghasilkan
lulusan yang mandiri. |
|
1) |
Menjadi program studi Informatika yang unggul dalam bidang pendidikan dan kuat
dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, serta memberikan pelayanan
yang terbaik kepada mahasiswa. |
|
2) |
Menghasilkan sumber daya manusia yakni lulusan yang mampu menyerap,
mengaplikasikan dan mengembangkan teknologi informasi serta memiliki daya
saing dan integritas yang tinggi. |
|
3) |
Menyiapkan mahasiswa dengan kemampuan kewirausahaan berbasis digital
(digital entrepreneurship) dan memiliki soft skills yang mendukung, agar mampu
mengembangkan kompetensi keterampilan secara mandiri serta mampu
beradaptasi dengan perkembangan keilmuan dan kondisi kehidupan masyarakat. |
d. |
Profil Lulusan Informatika |
|
1) |
Full-Stack Software Developer
|
|
|
Pengembang perangkat lunak baik frontend maupun backend sesuai kebutuhan
pengguna, menguji efisiensi dan fungsionalitas perangkat lunak, dan melakukan
pemeliharaan untuk keamanan dan ketahanan perangkat lunak, serta memodifikasi
sesuai kebutuhan. |
|
2) |
IT Professional
|
|
|
Tenaga professional di bidang Informatika yang dapat meniti karir dari level staf
ke level yang lebih tinggi baik di perusahaan swasta maupun pemerintah. |
|
3) |
IT Entrepreneur
|
|
|
Wirausahawan di bidang Informatika yang mengaplikasikan ilmu yang didapat
untuk membuka lapangan kerja baru baik dengan mendirikan perusahaan maupun
start-up. |
|
4) |
Akademisi
|
|
|
Tenaga professional di bidang akademis, baik sebagai pengajar, peneliti maupun
trainer. |
4. Teknik Sipil (S-1)
Teknik Sipil adalah ilmu yang berkaitan dengan perancangan, konstruksi, dan pemeliharaan infrastruktur fisik seperti jalan, jembatan, bangunan, saluran air, dan sistem transportasi lainnya. Mahasiswa dalam program studi ini akan mempelajari prinsip-prinsip teknik untuk menciptakan struktur yang aman, berfungsi, dan berkelanjutan..
a. |
Visi |
|
Menjadi program studi Teknik Sipil unggulan pada tahun 2028 yang mampu menyediakan lulusan yang Profesional dan Mandiri, menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Konstruksi yang diperlukan di dalam bekerja, beretika kerja yang baik, serta memiliki jiwa kewirausahaan.. |
|
1) |
Menghasilkan lulusan dalam bidang Teknik Sipil yang memiliki kemampuan beradaptasi dalam bidang pengelolaan proyek konstruksi, memiliki sikap kewirausahaan yang tinggi, serta mampu mengembangkan diri. |
|
2) |
Mengembangkan penelitian yang membangun pengetahuan (knowledge development) dosen dan mahasiswa serta untuk pengembangan kurikulum yang terkait dengan fungsi pendidikan di atas. Proses ini dilakukan melalui kerja sama dengan lembaga-lembaga dan dunia usaha di bidang konstruksi. |
|
3) |
Melakukan pengabdian masyarakat yang dapat memberikan nilai tambah terhadap sasaran maupun tujuan dalam bidang industri konstruksi dan infrastruktur, serta memperkaya dan menambah kepekaan civitas akademika terhadap permasalahan kemasyarakatan yang sesungguhnya. |
c. |
Tujuan |
|
1) |
Tujuan Umum |
|
|
a. |
Menghasilkan lulusan sebagai pribadi dengan integritas tinggi, dan bertanggung jawab. |
|
|
b. |
Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan, perkembangan dan penerapan ilmu dan teknologi. serta mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja maupun masyarakat. |
|
|
c. |
Memahami konsep dasar dan penerapan bidang keilmuan Teknik Sipil |
|
|
d. |
Memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan pekerjaan bidang Teknik Sipil. |
|
2) |
Tujuan Khusus |
|
|
a. |
Menghasilkan sarjana Teknik Sipil yang mampu menerapkan keahlian yang
bertanggung jawab secara luas dalam perencanaan, perancangan, pengawasan
dan pengelolaan lingkungan proyek konstruksi. |
|
|
b. |
Mampu beradaptasi terhadap lingkungan kerja dan pengembangan ilmu
pengetahuan.
|
|
|
c. |
Mampu menangani berbagai bidang pekerjaan sebagai konsultan, kontraktor,
instansi pemerintahan, dan bidang – bidang terkait lainnya. |
|
|
d. |
Secara institusional menciptakan suasana akademik yang mendorong
terciptanya berbagai rekayasa terutama dalam pengelolaan proyek konstuksi.
|
d. |
Profil Lulusan Teknik Sipil |
|
1) |
Sebagai Perencana Struktur
|
|
|
Lulusan mampu bersikap disiplin dan taat hukum , berpengetahuan dan
berketerampilan dalam menjalankan profesi nya sebagai Perencana untuk
merencanakan dan merancang bangunan Teknik Sipil (Struktur Gedung, Jalan,
Jembatan, Bangunan Air) serta mampu mengikuti perkembangan terkini dan
berwawasan lingkungan. |
|
2) |
Sebagai Pelaksana Konstruksi
|
|
|
Lulusan mampu bersikap disiplin dan taat hukum , berpengetahuan dan
berketerampilan dalam menjalankan profesi nya sebagai Pelaksana Konstruksi
(Struktur Gedung, Jalan, Jembatan, Bangunan Air) untuk mewujudkan hasil
perancangan menjadi fisik bangunan teknik ipil serta mampu mengikuti
perkembangan terkini dan berwawasan lingkungan. |
|
3) |
Sebagai Pengawas Konstruksi |
|
|
Lulusan mampu bersikap disiplin dan taat hukum , berpengetahuan dan
berketerampilan dalam menjalankan profesi nya Sebagai Pengawas untuk
mengawasi pelaksanaan tahapan konstruksi fisik bangunan teknik sipil serta
mampu mengikuti perkembangan terkini dan berwawasan lingkungan. |
|
4) |
Sebagai Akademisi, Peneliti |
|
|
Lulusan mampu bersikap disiplin dan taat hukum , berpengetahuan dan
berketerampilan dalam menjalankan profesi nya untuk menjadi akademisi di
bidang teknik sipil serta mampu mengikuti perkembangan terkini dan berwawasan
lingkungan. |
|
5) |
Sebagai Birokrat |
|
|
Lulusan mampu bersikap disiplin dan taat hukum , berpengetahuan dan
berketerampilan dalam menjalankan profesi nya sebagi birokrat (Government
Regulator) untuk memanfaatkan ilmu ketekniksipilan dalam menjalankan
fungsinya pada organisasi pemerintah serta mampu mengikuti perkembangan
terkini dan berwawasan lingkungan. |
|
6) |
Sebagai Birokrat |
|
|
Lulusan mampu bersikap disiplin dan taat hukum , berpengetahuan dan
berketerampilan dalam menjalankan profesi nya sebagai wirausahawan di bidang
teknik sipil serta mampu mengikuti perkembangan terkini dan berwawasan
lingkungan. |
5. Arsitektur (S-1)
Arsitektur adalah studi tentang perancangan dan perencanaan bangunan dan lingkungan
fisik. Mahasiswa akan mempelajari aspek estetika, teknis, dan fungsional dalam
merancang bangunan yang mencakup faktor lingkungan, budaya, dan sosial.
a. |
Visi |
|
Menjadi institusi pendidikan pada tahun 2028 yang mampu menyediakan lulusan yang
profesional dan mandiri, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi rancang bangun
yang diperlukan di dalam bekerja, beretika kerja yang baik, serta memiliki jiwa
kewirausahaan berbasis digital (digital entrepreneurship) dalam rangka memenuhi
kebutuhan sumber daya di bidang rancang bangun dan dunia usaha. |
|
1) |
Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran ilmu pengetahuan dan
teknologi di bidang arsitektur dengan selalu mengikuti perkembangan terkini. |
|
2) |
Menciptakan suasana akademik (academic atmosphere) yang kondusif bagi civitas
akademika, dan memberikan wawasan kewirausahaan agar dapat menghasilkan
lulusan yang mandiri. |
|
3) |
Melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dalam kegiatan penelitian untuk
membangun pengetahuan (knowledge development) dosen dan mahasiswa serta
untuk mengembangkan kurikulum yang terkait dengan fungsi Pendidikan. |
|
4) |
Melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dalam kegiatan pengabdian masyarakat
untuk dapat memberikan nilai tambah terhadap capaian pembangunan dan dunia
industri, serta memperkaya dan menambah kepekaan civitas akademika terhadap
permasalahan kemasyarakatan yang sesungguhnya. |
|
5) |
Mengembangkan keilmuan Arsitektur, dengan membina hubungan yang
berkesinambungan dengan alumni, pengguna lulusan dan masyarakat umum. |
c. | Tujuan |
| Menghasilkan Sarjana Arsitektur yang mampu merancang dan menguasai ilmu
arsitektur pada tingkat dasar, mampu mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain,
memanfaatkan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah procedural
. |
d. |
Profil Lulusan Sistem Informasi |
|
1) |
Pengembangan Perangkat Lunak
|
|
|
Lulusan ini berperan dalam merancang, mendesain, mengkonfigurasi dan membuat
perangkat lunak maupun aplikasi yang dioperasikan dalam lingkungan komputer,
piranti digital, maupun jaringan, berbasis pada web atau mobile, dengan
menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang akan digunakan untuk
perorangan atau organisasi. Contoh profesi dari profil ini antara lain : Programmer,
Web Developer, Software Engineering, Business Analyst. |
|
2) |
Pengelola Data dan Saintis Data
|
|
|
Lulusan ini berperan dalam merancang, membangun, dan mengimplementasikan
sistem basis data / informasi berbasis terstruktur, relasional, objek, ataupun tidak
terstruktur. Lulusan ini juga berperan dalam merencanakan data, merancang data,
dan membangun desain data dengan mempertimbangkan keselarasan IT/IS dan
bisnis/organisasi. Contoh profesi dari profil ini antara lain : Database
Administrator,Data Scientist, Business Intelligence Analysis. |
|
3) |
Pengembang Sistem Informasi
|
|
|
Lulusan ini berperan dalam merencanakan, merancang, membangun, mengujicoba,
menerapkan, mengembangkan, menilai, dan mengendalikan sistem informasi.
Lulusan ini juga berperan dalam mengoperasikan, pengelolaan, evaluasi, serta
pengembangan lanjut sistem Informasi untuk pengembangan organisasi/bisnis.
Contoh profesi dari profil ini antara lain : System Analyst, IT Planning Analyst,
IS/IT Project Manager. |
|
4) |
Pengelola Sistem Informasi
|
|
|
Lulusan ini berperan dalam merencanakan, merancang, mengadakan, membangun,
menerapkan, menjalankan, dan mengendalikan tata kelola sistem dan teknologi
informasi dalam suatu organisasi. Lulusan ini juga berperan dalam menerapkan
konsep dasar dalam mengevaluasi dan mendesain tata kelola sistem informasi
sesuai dengan pedoman tata kelola IT/IS dalam rangka menyelarasan IT dan
bisnis/organisasi. Contoh profesi dari profil ini antara lain : Auditor IT/IS,
Government Information Officer. |
|
5) |
Digital Technopreneur
|
|
|
Lulusan ini berperan sebagai wiraswasta yang mampu merancang dan
mengembangkan bisnis berbasis inovasi dengan pemanfaatan IT sebagai solusi
dalam penyelesaian masalah di masyarakat. |