VISI
Menjadi program pendidikan magister profesi yang unggul, kompetitif, profesional dan menghayati, mempraktekkan nilai pluralisme yang didasarkan pada kode etik profesi psikologi yang memberi kontribusi bagi kesejahteraan bangsa dan negara.
MISI
- Menyelenggarakan program pendidikan magister psikologi profesi seuai dengan kaidah, peraturan penyelenggaraan pendidikan yang ditetapkan pemerintah, bersifat transparan dan rasional.
- Menyelenggarakan manajemen pendidikan yang mampu mengoptimalkan proses pembelajaran yang berbasis teknologi informasi yang didasarkan pada kajian model-model pembelajaran dengan dasar pembelajaran yang berbasis kompetensi sehingga menghasilkan lulusan yang bermitu, professional dan kompetitif.
- Menyelanggarakan penelitian dasar, terapan dan pengembangan dalam bidang psikologi yang pelaksanaannya mengacu pada penelitian payung,
- Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berbasis komunitas masyarakat binaan.
- Mengembangkan pusat pelatihan, sumber kajian dan pembelajaran bagi komunitas masyarakat dalam dinamika kehidupan masyarakat majemuk dan plural yang berbasis psikologi.
- Kompetisi Kelulusan
- 1. Program
Magister psikologi profesi dapat
menghasilkan psikolog profesional yang
mampu dengan gelar Magister Psikologi (M.Psi).
2. Mampu menguasai psikodiagnostika dan psikoterapi.
3. Mampu melakukan pemeriksaan psikologi, konseling dan terapi.
4. Mampu melakukan penelitian terapan sebagai seorang psikolog sesuai dengan kode
etik profesi psikologi.- Psikologi Profesi Bidang Kekhususan Psikologi Industri dan
- Organisasi (PIO = Industrial and Organizational Psychologist):
- 1. Memiliki kemampuan sebagai Assessor dalam bidang PIO, baik untuk jabatan,
persyaratan pekerjaan, karakteristik individu melalui tes psikologi, wawancara
dan work sample dan cara lain untuk seleksi individu sesuai dengan persyaratan
pekerjaan.
2. Memiliki kemampuan sebagai Trainer dalam bidang PIO sehingga mampumerencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mengembangkan
berbagai jenis pelatihan atau menjadi pelatih (trainer) dengan melakukan
analisis kebutuhan pelatihan, merancang program pelatihan, melakukan
transfer of training serta mengevaluasi program pelatihan.
3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar sebagai Konsultan dalam bidang PIO
melalui HRD, stake holder, legal system, serikat pekerja, organizational supplier dan
consumer/client groups.Psikologi Profesi Bidang Kekhususan Psikologi Klinik ( PK ):
1. Memiliki kemampuan sebagai Assessor dalam bidang Klinis dengan menguasaiketerampilan dalam menggunakan instrumen psikodiagnostik klinis serta teknik
observasi dan interview serta menganalisis kasus-kasus klinis untuk memahami
perilaku pasien/klien secara tepat dan akurat, baik untuk klien/pasien dewasa,
remaja maupun anak.
2. Memiliki kemampuan sebagai Konselor dan Terapis dalam bidang Psikologi Klinis,sehingga mampu melakukan intervensi klinis melalui konseling. Psikoterapi dan terapipsikologis lainnya, baik untuk klien/pasien dewasa, remaja dan anak.
3. Memiliki kemampuan sebagai Trainer dalam bidang Psikologi Klinis, sehingga mampu
merancang, melaksanakan, mengevaluasi serta mengembangkan berbagai pelatihan.
4. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang bersifat lapangan dalam
pengembangan pelayanan psikologi klinis. Mampu menulis karya-karya ilmiah dan
hasil hasil penelitian dalam bidang psikologi klinis.
Psikologi Profesi Bidang Kekhususan Psikologi Pendidikan ( PP ):
1. Memiliki kemampuan sebagai Assessor dalam bidang Pendidikan dengan menguasaiketerampilan dalam menggunakan instrument psikodiagnostik pendidikan serta teknikobservasi dan interview maupun menganalisis kasus-kasus pendidikan untuk
memahami perilaku anak didik/klien secara tepat dan akurat sehingga dapat
membantu mengatasi permasalahan pendidikan maupun menempatkan anak didik
sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya dalam program atau jurusan
pendidikan tertentu.
2. Memiliki kemampuan sebagai Konselor dalam bidang Psikologi Pendidikan, sehingga
mampu merancang dan melaksanakan konseling dan melaksanakan tindak lanjutnya
baik untuk anak-anak sekolah umum maupun sekolah luar biasa.
3. Memiliki kemampuan sebagai Trainer dalam bidang Psikologi Pendidikan, sehingga
mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi serta mengembangkan berbagai
pelatihan dalam bidang psikologi pendidikan.
4. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang bersifat lapangan dalam
pengembangan pelayanan psikologi pendidikan.5. Mampu menulis dan mempublikasikan karya-karya ilmiah dan hasil-hasil penelitian
dalam bidang psikologi pendidi-kan termasuk psikologi perkembangan (anak dan
remaja)
Peluang Kerja Lulusan:Lulusan Pendidikan Magister Psikologi Profesi dapat bekerja sebagai : psikolog, konsultan, peneliti, pendidik, manajer (planer, designer, organizer, evaluator, mediator), dan pelaku usaha mandiri (biro jasa psikologi).